Home / Emas Perhiasan / Harga Kalung Emas Hari Ini

Harga Kalung Emas Hari Ini

Harga Kalung Emas – Emas Terbaru, Harga Kalung Emas Hari Ini Terbaru Per Gram dalam Rupiah Terus Meningkat Bisa Dijadikan Investasi.

Kalung emas merupakan salah satu perhiasan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk mempercantik penampilan. Ada banyak sekali macam kalung dengan desain yang sangat cantik. Tentu saja untuk harga kalung emas yang dipilih akan berbeda-beda sesuai dengan detail dari desain kalung serta kadar kandungan kemurnian emasnya.

Perlu Anda ketahui, kadar emas pada setiap perhiasan seperti kalung ini juga bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Biasanya ukuran kemurnian emas untuk dijadikan sebagai perhiasan itu adalah dimulai dari 18 karat sampai dengan 23 karat. Untuk emas murni 24 karat itu tak dijadikan sebagai perhiasan, melainkan dijadikan emas batangan yang biasanya digunakan untuk melakukan investasi.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga kalung emas, tahukah anda apa yang dimaksud dengan karat? Karat merupakan sebuah sistem untuk mengukur tingkat kemurnian dari emas. Kemurnian emas ini akan diukur berdasarkan prosentase jumlah emas murni yang terkandung. Pada dasarnya, emas ini memang dikenal sebagai logam langka dengan sifat yang unik.

Emas memiliki warna kuning yang sejak zaman dahulu memiliki nilai tinggi dan bahkan digunakan sebagai alat tukar menukar. Makin tinggi kadar emas murni yang terkandung maka harganya juga makin mahal. Sifatnya yang terlalu lunak itu mengharuskan dilakukannya penambahan jenis logam lain seperti logam, aluminium, dan atau besi ketika akan dijadikan sebagai perhiasan yang tahan kokoh dan tahan lama. Dari situlah ukuran kadar emas murni dibeda-bedakan dengan perhitungan karat tersebut.

Cara Mendeteksi Kemurnian Emas

Dengan harga emas yang mahal, maka perlu untuk mengetahui keaslian dari emas tersebut. Terdapat beberapa cara untuk bisa mendeteksi kemurnian kadar emas. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Bisa dilakukan dengan melakukan Uji Gosok pada sebuah batu yang kemudian ditetesi Zat Kimia.  Zat kimia yang diteteskan tersebut merupakan adalah Asam Klorida, Asam Nitrat, serta Campuran dari kedua cairan tersebut yang dikenal dengan air raja (aqua regia).
  2. Bisa juga dilakukan pengujian dengan menggunakan Gold Tester, yang merupakan alat dengan kemampuan mendeteksi karat dengan cara yang sangat mudah. Hanya perlu menempelkan ujung jarum dari alat tersebut ke perhiasan yang Anda miliki dan hasilnya akan segera diketahui berapa persen kadar emas tersebut.
  3. Cara yang terakhir yaitu pengujian dengan berat jenis, pada dasarnya emas dapat dengan mudah dikenali dengan mengetahui berat jenisnya.

Pada dasarnya untuk setiap pembelian emas dalam bentuk perhiasan salah satunya dalam bentuk kalung itu harganya bermacam-macam. Selain dihitung berat serta kadar emas yang dimiliki, Harga kalung emas ini juga akan disesuaikan dengan seberapa sulit proses pembuatannya. Ada banyak sekali pengrajin emas yang menyuguhkan berbagai model dengan detail yang berbeda-beda serta memiliki keunggulan masing-masing.

Hal inilah yang menjadikan harga perhiasan emas tak bisa diprediksi dengan tepat. Pastikan untuk membeli perhiasan ketika Anda memang ingin, karena ketika Anda ingin menjualnya kembali, harga yang ditetapkan oleh toko emas akan berbeda dari harga pembelian. Hal ini dikarenakan, ketika Anda membeli perhiasan di toko emas, maka Anda juga dibebankan harga pembuatan emas perhiasan. Sedangkan ketika Anda menjualnya pada toko emas, beban pembuatan perhiasan tak akan dihitung oleh pihak toko emas yang membeli.

Ketika ingin melakukan investasi, lebih baik tidak melakukan investasi dengan menggunakan perhiasan. Pastikan untuk melakukan investasi dengan menggunakan emas batangan yang legal serta memiliki nomor seri yang tercantum dalam sertifikat emas. Untuk harga emas per 1 gram itu berkisar Rp. 529.000,- dengan kadar emas murni 22 karat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *